Tips Beli Baju di Internet


Tips-Beli-Baju-di-InternetSaat ini semua hal sudah dijual di internet. Mulai dari ponsel, pakaian, alat dapur hingga alat hobi. Hal ini di dukung dengan fakta bahwa semakin banyak orang yang tertarik untuk belanja online.

Ada banyak hal yang mendorong orang untuk berbelanja di internet. Yang pertama adalah potongan harga, lebih banyak pilihan, barang yang ditawarkan biasanya unik, mudah dalam membandingkan harga antara satu toko dengan yang lain.

Termasuk juga penjual baju online. Sekarang banyak sekali online shop yang menjual berbagai  baju. Saking banyaknya toko online, kita sering dibuat bingung, mau belanja di mana. Kalau memutuskan akan belanja online, itu kembali kepada minat masing-masing.

Namun yang pasti, tetap harus waspada dan berhati-hati. Modus yang ada di internet bukan harus  tertipu karena niatan dari penjualnya. Khusus membeli baju online di internet, kita justru sering kecewa akibat tertipu oleh mata sendiri.

Berikut tips beli baju di internet :

1. Pilihlah penjual baju online terpercaya

Hal yang harus dilakukan pertama adalah pilihlah toko online yang terpercaya. Andalkan mesin pencari Google dan lihat testimoni dari teman sendiri. Ciri lain toko itu terpercaya atau tidak bisa juga dilihat dari rating online. Cirinya? Biasanya pada saat gambar barang di posting, banyak yang berminat membelinya dan barang dengan cepat akan terjual.

2. Teliti sebelum Membeli

Apa yang terpampang di layar monitor, mungkin bisa ‘menipu’. Bukan dalam artinya sengaja menipu dari penjual. Bisa jadi resolusi layar komputer/tablet yang terlalu terang menyebabkan warna pakaiannya berbeda dari yang asli.

3. Pastikan sesuai dengan ukuran tubuh anda

Banyak sekali kasus yang terjadi, ketika baju sudah dikirim ke alamat kita, ukurannya malah tidak pas. Kekecilan atau malah kebesaran. Sangat disayangkan sebenarnya, ukuran pakaian tidaklah seragam. Baju yang kita punya ukuran M (Medium) namun karena standar luar negeri, setelah dipesan oleh online shop dalam negeri, malah berubah jadi L. Bertanya dengan penjualnya adalah lebih baik sebelum semuanya menjadi sia-sia.

4. Baca persyaratan dari penjualnya

Pastikan Anda telah membaca aturan yang diterapkan oleh si penjual. Terutama mengenai cara pengembalian barang jika baju yang dibeli tidak seusai (warna, corak, jenis dan ukuran) dengan pesanan kita. Apakah biaya pengembalian barang (yang tidak sesuai dengan pesanan) akan ditanggung oleh penjual atau tidak. Jika ternyata pesanan kita dikirim salah, apakah penjual mau mengembalikan (refund) dan sebagainya.

Yang terbaik dalam membeli pakaian memang, datang langsung ke pasar dan mencobanya. Karena, standarisasi ukuran pakaian di Indonesia agak rancu. Namun jika sudah ketemu satu toko online yang klik! di hati, tak salah jika memanfaatkan teknologi untuk membeli baju di internet secara online.