Trik Menyiasati Persaingan Usaha Baju Murah


Jika anda tertarik untuk menjalankan usaha baju murah, kelebihan apa yang anda miliki untuk memenangkan persaingan? Bisnis baju, terutama yang murah harganya saat ini sudah banyak sekali dijalankan orang. Coba saja anda perhatikan atau melakukan survey kecil di kota anda, hampir setiap sudut kota terdapat bisnis ini. Dari pasar, toko busana, hingga mall banyak yang memilih berjualan busana murah.

Jika anda rajin datang ke pengajian atau arisan ibu-ibu RT di kampung anda, ada saja yang menawarkan baju murah secara langsung. Selain model busananya yang modis dan trendy, harganya yang murah, pembayarannya pun masih bisa dicicil. Begitu juga setiap kali ada perayaan pasar malam di berbagai daerah, produk baju murah merupakan primadona yang mendominasi luas areal tempat penyelenggaraan pasar malam semacam itu.

usaha baju murah

Begitu juga jika anda searching di internet, toko online yang menawarkan baju dan busana murah mungkin telah mencapai ribuan atau jutaan orang. Dari yang menggunakan domain gratisan, blog personal, hingga mall online yang menampung berbagai pelaku bisnis busana online. Dari sistim penjualan langsung, sistem dropshipping, hingga grosir online. Banyaknya pelaku usaha baju murah tentunya tak bisa dilepaskan dari besarnya permintaan terhadap busana yang murah.

Jurus Sukses Usaha Baju Murah

Produksi sebuah produk dilakukan jika ada pemintaan, itulah teori ekonomi yang mungkin sudah terlalu sering kita dengar. Dengan teori ini maka keseimbangan antara suplai dan demand merupakan prinsip bisnis yang mesti diperhatikan. Begitu juga dengan permintaan baju murah yang demikian besar, tentunya akan mendorong munculnya banyak supplier dan juga penjual untuk menawarkan produknya.

Namun bagaimana jika kapasitas produksi yang dilakukan malah melebihi dari kebutuhan yang ada? Inilah fenomena yang dinamakan over produksi atau over kapasitas. Jika ini terjadi, maka akan timbul penumpukan barang . Namun karena semua jenis produk memiliki limit atau batas waktu kedaluwarsa atau penyusutan, maka akan terjadi yang namanya penjualan produk murah untuk menghindari kerugian. Tampaknya hal ini juga terjadi pada usaha baju murah dimana sering diadakan cuci gudang ataupun diskon besar-besar (bahkan ada yang mencapai lebih dari 70 %).

Nah, jika anda ingin terjun ke usaha baju murah, lantas strategi apa yang anda miliki untuk memenangkan persaingan? Sekedar untuk memberikan pancingan, ada beberapa hal berikut ini yang mungkin belum pernah anda pikirkan tentang strategi pemasaran agar bisnis anda berhasil.

  1. Pertama, pasar itu bersifat sangat fleksibel, lentur, bahkan tidak terbatas. Selalu ada celah bahkan di dalam pasar yang sudah dianggap jenuh sekalipun. Gunakan saja asumsi yang banyak dianut marketer dunia ini untuk memahami kebutuhan unik dari calon pelanggan anda.
  2. Kedua, product oriented yang dianut konsep lama telah berubah menjadi customer oriented. Karena itu anda tak perlu terlalu berorientasi pada jenis, ragam, ataupun model dari produk yang anda jual. Mau desain kaos, baju anak-anak, ataupun jilbab trendy bukan lagi yang utama. Yang justru lebih penting adalah berikan sentuhan khas dan unik dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan anda. Dari cara komunikasi anda, cara menanggapi complain, hingga cara pembayaran justru yang perlu lebih anda perhatikan dan utamakan. Inilah kunci sukses usaha baju murah yang perlu anda pertimbangkan!