Peluang Usaha Konveksi Kaos Distro yang Prospektif


Usaha konveksi kaos distro merupakan bagian penting dari perkembangan bisnis kaos distro yang makin berkembang pesat. Melalui jasa konveksi inilah berbagai kaos yang dijual di pasaran berasal. Bahkan perkembangan usaha konveksi juga tak kalah cepatnya dibandingkan dengan konveksi baju atau busana lainnya. Banyak pula kalangan muda yang berhasil dan sukses dalam bisnis konveksi ini.

Luasnya segmen pasar produk kaos membuat usaha konveksi kaos diburu banyak orang. Bahkan dibandingkan jenis fashion lainnya, kaos akan selalu dan terus dibutuhkan pasar. Yang menarik, salah satu keunggulan kaos dibandingkan jenis busana lainnya adalan penjualannya yang mudah dilakukan secara borongan atau mass product.

Konveksi Kaos Distro

Coba saja anda perhatikan kecenderungan munculnya berbagai komunitas social di masyarakat, baik karena hobi, profesi, ataupun karena unsur persaudaraan. Begitu juga dengan klub-klub kecil di bidang olah raga, seperti kelompok kursus renang, klub futsal, hingga penyelenggaraan acara jalan pagi bersama ataupun sepeda gembira. Semuanya membutuhkan kaos dalam jumlah tak sedikit.

Melalui usaha konveksi kaos distro ini pula mereka menyuplai barang ke berbagai tempat pembuatan sablon kaos maupun toko distro. Dari kaos polosan inilah kemudian dicetak dengan beragam desain yang menarik sebelum dijual ke konsumen. Proses pencetakan sablon kaos dengan berbagai desain tidak dilakukan oleh konveksi melainkan oleh penyedia usaha sablon kaos. Inilah prospektifnya usaha konveksi kaos sehngga membuat banyak orang untuk terjun ke dalamnya.

Risiko Usaha Konveksi Kaos Distro

Meskipun banyak orang yang tertarik untuk terjun dalam bisnis ini, namun menjalankan usaha konveksi kaos distro bukannya tanpa risiko. Apalagi modal yang dibutuhkan juga tidaklah kecil, terutama untuk pengadaan mesin jahit, mesin obras dan berbagai jenis mesin konveksi lainnya. Tanpa strategi bisnis yang tepat ataupun modal yang kuat sangat sulit untuk mengembangkan dan sukses dalam bisnis ini.

Selain itu, untuk berhail dalam usaha ini anda juga pelru memperhatikan kualitas produk yang anda hasilkan. Karena usaha yang anda lakukan adaah pada aspek konveksi, maka kualitas bahan maupun kualitas dan kerapian dan kehalusan jahitan merupakan hal yang harus menjadi perhatian utama. Meskipun kualitas bahan kaos yang anda produksi sama dengan konveksi lainnya namun jika memiliki kualitas jahitan akan membuat usaha anda akan terus dicari orang.

Jahitan pada konveksi kaos jauhberbeda dengan konveksi baju. Diantaranya tentang model jahitan rantai yang umumnya dikenal betul oleh pedagang kaos distro. Kerapian dan kualitas jahitan rantai terutama pada bagian bahu dan rip belakang akan meningkatkan kredibilitas anda.

Begitu juga dengan model jahit benang 4 atau yang dikenal dengan istilah double deck juga mesti diperhatikan terutama untuk bagian lengan, pinggang, dan jahitan bawah. Dengan menggunakan mesin over deck, teknik jahitan ini bisa dilakukan sekali kerja dengan obrasnya. Cara teknis pada konveksi kaos distro ini tentunya jauh berbeda dengan konveksi baju atau kemeja dimana obras mesti dilakukan terlebih dahulu sebelum dijahit sehingga akan memakan waktu.