Seputar Bahan Kaos yang Perlu Kita Ketahui


Pada artikel kali ini, bahan kaos yang dibahas merupakan kain yang biasanya digunakan pada kaos oblong. Kaos oblong umum dipakai di mana saja, dan kita perlu mengetahui sedikit tentang bahan kain yang beredar pada pasaran. Sebelum pada bahasan jenis bahan kain, kain untuk kaos oblong yang baik adalah kain yang mengandung 100% bahan katun.

bahan kaos

Berikut adalah ulasan jenis bahan kaos pada umumnya.

  • Kain Katun Combed 20s, 24s, dan 30s

Kain katun Combed merupakan kain yang terbuat asli 100% dengan keseluruhan serat kapas katun yang natural. Ciri-ciri yang dapat kita temui ketika menemukan bahan kain katun Combed yaitu permukaannya yang halus, adem, nyaman dipakai serta dapat menyerap keringat. Kaos yang terbuat dari bahan ini umumnya banyak dipakai pada daerah yang iklimnya cukup panas. Serat pada kain Combed biasanya rata, tidak mencong ke sana-sini. Hal ini akan membuat tampilan luar pada kain ini terasa halus, tidak bergelombang. Kain combed yang dijual pada umumnya ada beberapa jenis. Perbedaan jenis kain combed ini ada pada setting gramasi dan benang yang dipakai. Perbedaan ini akan membuat jenis combed yang berbeda. Pada pasaran umumnya bahan kain combed yang dijual kebanyakan 20s, 24s, dan juga 30s. Untuk gampang mengenali perbedaannya, combed 20s memiliki ketebalan yang lebih daripada combed 30s, di mana 24s berada di tengahnya. Combed 30s banyak digunakan pada pasaran dikarenakan bahannya yang lebih adem dan harga yang tidak mahal pada pasaran.

  • Kain Cardet 20s dan 30s

Kain Cardet merupakan kain dengan level di bawahnya Combed, dikarenakan hasilnya yang kurang halus dan agak bergelombang. Lagi-lagi harga yang membuat bahan ini banyak berada di pasaran. Biasanya bahan ini digunakan untuk seragam kaos masal dengan kualitas yang agak pas-pasan.

  • PE alias Polyester

PE adalah tipe kain yang merupakan campuran sintetis(buatan) berupa plastik. Kain ini adalah kain yang lebih murah, lebih tipis, susah menyerap keringat. Oleh karena itu bahan kain ini kurang menjadi pilihan, dikarenakan harganya yang murah, kain bahan ini sangatlah banyak dijual dalam pasar yang murah.

  • TC katun Teteron

Kain bahan TC merupakan bahan yang dikarenakan kemajuan teknologi dapat terbentuk. Kain kaos ini adalah hasil campuran dari Katun Combed dengan PE. Katun Combed yang unggul dicampur dengan PE yang murah membuat kain kaos ini berada pada pertengahan antara katun combed dan PE. TC dapat menyerap keringat meskipun tidak maksimal. Bawaan campuran katun combed membuat kain kaos ini tahan meskipun sudah dipakai agak lama.

  • Hyget

Bahan yang terakhir ini pada bahasan kali ini merupakan bahan yang termurah dibanding bahan-bahan kaos yang sudah dibahas. Bahan hyget agak panas dan kurang disarankan.

 

Semoga Artikel barusan dapat menambah wawasan anda tentang bahan kaos.